Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan konfigurasi Google DNS ipv6 di komputer

 

Panduan konfigurasi Google DNS ipv6 di komputer - pdn.my.id

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah Panduan konfigurasi Google DNS ipv6 di komputer, mungkin ini masih asing bagi sebagian orang tapi saya rasa ini adalah saatnya kita harus sudah mengenal dan memahami tentang IPv6.

Sama-sama kita ketahui bahwa sekarang dunia teknologi semakin hari semakin berkembang, teknologi semakin canggih dimana banyak sekali hal yang dulu tidak pernah kita bayangkan, tapi sekarang benar-benar semua hal yang kita angap mustahil itu sedikit-sedikit terwujud, contoh halnya seperti adanya ponsel ataupun laptop, dekarang kita bisa berbicara dengan orang yang berbeda dimensi ruang hanya dengan ponsel, selain berbicara kita juga bisa bertatapan langsung serta menyapa, ber-koordinasi bahkan membicarakan hal-hal yang penting secara bersamaan tapi semuanya berada di dimensi ruang yang berbeda-beda, ya menggunakan aplikasi zoom, google meet dan lain sebagainya. Nah sekarang itu dunia sudah secanggih itu, ingin membeli barangpun kita tinggal buka ponsel, klik-klik dan barang pun sampai ke depan rumah.

Baca JugaCara Terbaru Mengatasi Spam Komentar di Blogspot

Didalam dunia yang canggih ini tentunya segala hal juga semakin canggih maka dari itu ada hal menarik yang lumayan baru kita dengar yaitu tentang IPv6 dan saat ini saya akan memberikan sedikit informasinya untuk anda semua.


Apa itu IPv6?

Dari keterangan yang saya kutip dari wikipedia IPv6 adalah versi terbaru dari Protokol Internet, yang mana sebelumnya adalah IPv4, protokol komunikasi yang menyediakan sistem identifikasi dan lokasi untuk komputer di jaringan dan menghubungkan lalu lintas di Internet. IPv6 dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force untuk menangani masalah kekurangan alamat IPv4 yang telah lama diantisipasi. Perlu teman-teman ketahui bahwa IPv6 sudah hampir mau habis digunakan, nantinya kita akan beralih ke IPv6 yang mana jangkauan pembagianya bisa lebih luas dan lebih banyak.


Google DNS ipv6 di komputer

Perlu teman-teman ketahui juga sebelumnya bahwa yang saya maksud disini adalah DNS Resolver, DNS ini berfungsi untuk menterjemahkan/mentranslate dari nama domain ke IP Address karena pada dasarnya komputer itu tidak mengenal nama domain, sepeprti google.com, pdn.my.id, detik.com dan lain sebagaimnya, nah yang memberikan informasi bahwa google.com itu adalah server dengan ip address 142.251.12.100 (dan lain-lain) itu adalah Dns Resolver tersebut, artinya jika kamu tidak mengkonfigurasi DNS ini di komputer maka kamu tidak akan bisa browsing di internet.


Panduan konfigurasi Google DNS ipv6 di komputer

Google DNS memang sangat sering sekali digunakan oleh hampir semua orang di dunia, disamping tidak pernah ada kendala dns inipun dianggap yang paling cepat, maka dari itu saya akan memberikan informasi bagaimana cara mengkonfigurasi DNS Google IPv6 ini pada laptop atau komputer yang kamu gunakan, agar bisa browsing dengan cepat dan tanpa gangguan. Berikut di bawah ini adalah 2 Google DNS ipv6 yang bisa kamu gunakan secara bebas.

  • 2001:4860:4860::8888
  • 2001:4860:4860::8844

Untuk tutorial konfigurasinya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama kamu klik tombol Search di windows, posisinya biasanya ada di pojok kiri bawah disamping logo windows.
  2. Tuliskan Control Panel pada menu search tersebut.
  3. Setelah muncul lanjut klik Control Panel tersebut.
  4. Disamping kanan ada view by : Pastikan yang kalian pilih adalah Category.
  5. Selanjutnya klik Network and Internet.
  6. Lalu klik Network And Sharing Center.
  7. Klik Change Adapter Setting.
  8. Pada bagian Ethernet, silahkan klik kanan lalu pilih Propertis
  9. Lanjut klik Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6).
  10. selanjutnya klik Propertis.
  11. Selanjutnya pilih Use the Following DNS server address.
  12. Masukan 2 IP Google DNS ipv6 yang tadi.
  13. Selanjutnya klik ok/simpan.
  14. Selesai.

Jika masih bingung, kamu bisa melihat gambar dibawah ini.

Panduan konfigurasi Google DNS ipv6 di komputer - pdn.my.id

Cukup mudah bukan, dan pastinya kamu sudah faham cara penggunaanya, yang saya contohkan diatas adalah cara ketika kita terkoneksi internet melalui LAN/Ethernet, jika kalian menggunakan wifi maka pada langkah ke 8, silahkan pilih Wifi, bukan ethernet.

Baca JugaRekomendasi Web Hosting Terbaik di Indonesia

Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang Panduan konfigurasi Google DNS ipv6 di komputer, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat. jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar, Terimakasih dan sampai berjumpa kembali.


Posting Komentar untuk "Panduan konfigurasi Google DNS ipv6 di komputer"