Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Tutorial Menggunakan Aplikasi Winbox Untuk Remote Mikrotik

 

Tutorial Menggunakan Aplikasi Winbox Untuk Remote Mikrotik

pdn.my.id - Pada kesempatan kali ini saya masih akan membahas seputar dunia mikrotik yaitu saya akan membahas Cara Menggunakan Aplikasi Winbox Untuk Remote Mikrotik.

Bagi kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia jaringan, pastilah tidak asing dengan yang namanya mikrotik, dan jika kamu memang menggunakan produk tersebut pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya winbox, sekitar 6 (enam) tahun lalu saya belajar mengenal dan mempelajari jaringan dasar internet, saya dikenalkan dengan sebuah produk yang bernama mikrotik dimana untuk mengaksess atau meremote prosuk tersebut lebih mudah dengan bantuan winbox.

Baca JugaTerbaru Mikrotik CHR - Cloud Hosted Router


Apa itu Aplikasi winbox?

Sebelum kita membahas cara menggunakanya, kita berkenalan dulu dengan aplikasi winbox ini. Winbox adalah sebuah software khusus yang digunakan untuk kita bisa meremote router mikrotik, dengan adanya software ini membuat prosess konfigurasi menjadi sangat mudah, kalau istilah instruktur saya waktu di kelas, aplikasi winbox ini untuk memanusia kan bahasa robot dimana kita hanya tinggal klak klik saja untuk mengatur dan membuat sebuah konfigurasi yang akan kita gunakan.


Apakah harus menggunakan aplikasi winbox?

Jika ada yang bertanya apakah memang harus menggunakan aplikasi winboxi untuk bisa mengkonfigurasi mikrotik, jawabanya tentu tidak, bisa menggunakan CLI seperti SSH atau Telnet bahkan di seri mikrotik terbaru kita bisa menggunakan browser untuk melakukan konfigurasi, tampilan pada browser pun kurang lebih seperti saat kita menggunakan winbox.


Cara download Aplikasi winbox?

Aplikasi winbox adalah software khusus yang memang disediakan secara resmi oleh mikrotik, kamu bisa mendapatkan software ini free alias gratis pada situs resmi mikrotik atau jika ingin mencoba mengunjungi situs mikrotiknya bisa langsung saja dengan cara klik link berikut ini : Download Winbox

Pilih winbox yang sesuai dengan bit sistem operasi yang kamu gunakan, jika sistem operasi windows yang kamu gunakan 64 bit, maka silahkan download yang versi 64 bit, begitupun juga dengan versi 32 bit.


Cara menggunakan aplikasi winbox?

Aplikasi winbox ini sangat mudah sekali untuk digunakan, aplikasi ini bukan installer (portable) jadi kita tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu, kita hanya perlu klik 2x pada winbox yang tadi sudah kita download dari situs mikrotiknya, akan keluar satu buah halaman form winbox yang perlu kita isi, untuk penggunaanya sebagai berikut :

  1. Pada bagian Connect to silahkan isi dengan IP Address atau MAC Address router yang akan kita remote.
  2. Pada bagian Login, silahkan masukan username mikrotik kalian.
  3. Pada bagian Password masukan password mikrotik kalian.
  4. Default dari mikrotik adalah : username : admin dan passwordnya kosong (jangan diisi apapun).
  5. Kita bisa menyimpan IP Address atau MAC Address beserta username dan password dengan cara klik tombol Add/Set.
  6. Pada bagian Managed kita akan bisa melihat semua koneksi ke router yang pernah kita simpan.
  7. Pada bagian Neighbors kita bisa melihat list mikrotik yang ada dalam jangkauan kita, fitur ini menurut saya sangat membantu sekali terutama saat kita lupa ip dan MAC Address karena defaultnya IP dan MAC Address akan otomatis terbaca oleh winbox.

Jika anda penasaran tampilan halaman depan dari Aplikasi Winbox seperti apa, silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

tampilan-aplikasi-winbox-mikrotik-pdn.my.id


Port default aplikasi winbox?

Perlu kita sama-sama ketahui bahwa koneksi dari aplikasi winbox ke mikrotik ini menggunakan satu buah port, yaitu port dengan nomor 8291, ini adalah port default dari si winbox, apakah kita bisa mengubahnya? tentu sangat bisa, untuk caranya silahkan perhatikan dibawah ini :

  1. Pertama kita remote mikrotik dengan menggunakan winbox.
  2. Selanjutnya buka menu IP > Services.
  3. Pada bagian winbox, silahkan klik lalu ubah portnya sesuai keinginan asal jangan bentrok dengan port yang lain.
  4. Bukan hanya winbox, port yang lain pun bisa kita ubah.
  5. Jika sudah silahkan keluar dari winbox.
  6. Jangan lupa, karena kita sudah mengubah portnya jadi saat kita mau meremote lagi menggunakan winbox maka kita harus memasukan port baru yang sudah kita ganti pada bagian Connect To, kurang lebih gambarannya seperti ini : IPADDRESS:PORTWINBOX.
  7. Selesai.

Baca JugaTutorial Install Mikrotik CHR di Proxmox VE

Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan saya seputar Cara Menggunakan Aplikasi Winbox Untuk Remote Mikrotik, semoga apa yang saya tulis ini bisa menjawab semua pertanyaan teman-teman pemula agar bisa lebih memahami juga apa itu Aplikasi Winbox. Jangan ragu untuk bertanya dengan cara menuliskannya pada kolom komentar. Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Tutorial Menggunakan Aplikasi Winbox Untuk Remote Mikrotik"