Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah pesan konfirmasi formulir di Google Form

 Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Form. Bahkan kebanyakan orang mungkin sudah pernah menggunakannya untuk mengisi kuisioner maupun formulir online. Banyak perusahaan maupun individu yang menggunakan google form untuk membangun  hubungan dengan pelanggan atau pengguna, contohnya saja saat kemarin kita mengisi data untuk vaksin, kebanyakan setiap penyelenggara vaksinasi covid 19 untuk mendata siapa saja yang akan melakukan vaksin mereka membagikan google form yang harus kita isi untuk mendaftar.

Cara Mengubah pesan konfirmasi formulir di Google Form

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial atau cara bagaimana untuk mengubah pesan konfirmasi formulir, pesan ini biasanya muncul setelah seseorang mengisi form yang sudah kita buat, tapi sebelum itu kita berkenalan dulu dengan google form agar bisa lebih memahami dengan baik.

Apa sebenarnya google form itu? ada manfaat google form?, Simak pembahasannya di bawah ini tentang pengertian Google Form!

Baca JugaMemahami lebih lengkap tentang bahaya kode OTP

Apa itu Google Form?

Google form adalah layanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat survey, tanya jawab, presensi dengan fitur formulir online yang bisa kita sesuai dengan kebutuhan. Jadi anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengisi survei.

Google saat ini terus melakukan inovasi dari berbagai platform yang dimilikinya, diantaranya google docs, yang salah satu fiturnya turut menghadirkan Google form.  Biasanya digunakan untuk beberapa hal seperti membuat kuisioner , membuat quick count pendapat, membuat formulir pendaftaran online, kemudian mengelolanya dan masih banyak lagi.

Fitur yang menurut saya menarik juga adalah, di google form ini kita bisa menggunakan fitur upload file, baik itu file dokumen ataupun gambar, banyak sekali kebutuhan seperti ini terutama di sekolah, dimana sekolah mengadakan survei PTMT (Pertemuan Tatap Muka Terbatas) dengan menggunakan google form, sangat mudah mengumpulkan surat izin orang tua dimana orang tua bisa menguploadnya langsung pada google form yang sudah disediakan.

Apa Manfaat Google Form?

Sangat banyak sekali manfaat google form dan tentunya ini bisa menyesuikan dengan kebutuhan kita, walaupun fiturnya tidak terlalu lengkap, tapi ini sudah sangat cukup untuk kebutuhan kita dan juga google form ini gratis, jadi siapa saja yang mempunyai email gmail, bisa menikmati fitur google form ini.

Manfaat dari google form ini diantaranya adalah :

  1. Bisa membuat kuis sederhana untuk ujian online anak-anak di sekolah.
  2. Bisa membuat form absensi terutama untuk kegiatan online.
  3. Bisa menjadi form laporan pekerjaan di lapangan agar informasi lebih cepat.
  4. Bisa membuat form survei terutama untuk kebutuhan mahasiswa.

Selain yang saya sampaikan di atas, masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh google form, silahkan anda kulik dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Cara Mengubah pesan konfirmasi formulir di Google Form ?

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan diatas, pesan konfirmasi formulir ini akan muncul setelah seseorang mengisi form yang kita buat dan kita bagikan.

Saat orang mengirim formulir atau kuis di Google Formulir, mereka akan menerima pesan konfirmasi. Anda dapat menyesuaikan pesan ini untuk formulir atau kuis apa pun. Misalnya, Anda mungkin ingin memberi tahu orang terkait pesan yang di input sudah berhasil tersimpan atau Anda akan mengirimkan hasil kepada orang tersebut.

  1. Di Formulir, buka formulir atau kuis.
  2. Klik Setelan lalu Presentasi.
  3. Di samping Konfirmasi pesan, klik Edit, lalu masukkan teks.
  4. Klik Simpan.

Sumber : https://support.google.com/a/users/answer/9308742?hl=id

Selain apa yang saya sampaikan di atas, ternyata google sudah melakukan update pada tampilan admin si google form, untuk anda yang ingin melihat versi terbaru tampilan cara mengubah pesan formulir, maka silahkan simak penjelasan saya di bawah ini,

  1. Di Formulir, klik bilah Setelan.
  2. Cari ke bawah menu Presentasi lalu klik tanda panah yang ada di sebelah kanan,
  3. Akan terlihat text Konfirmasi Pesan, klik tombol edit yang ada di sebelah kanan dari text konfirmasi pesan tadi.
  4. Silahkan edit sesuai kebutuhan anda.
  5. saya menggunakan bahasa indonesia, yang menggunakan bahasa inggris, silahkan menyesuaikan.
  6. Klik Simpan.
  7. Selesai.

Jika anda masih bingung, silahkan perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Mengubah pesan konfirmasi formulir di Google Form


Baca JugaTips Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri

KESIMPULAN

Ini adalah tutorial atau Cara Mengubah pesan konfirmasi formulir di Google Form, mudah di fahami dan daya yakin anda pasti bisa melakukanya, semoga apa yang saya tulis di atas bermanfaat, terimakasiah atas perhatian dan dukunganya, jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah pesan konfirmasi formulir di Google Form"