Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bootable USB Proxmox dengan Rufus

 pdn.my.id - Setelah beberapa bulan kebelakang saya sudah menulis banyak sekali artikel tentang jaringan, pada kesempatan ini akan saya lanjutkan pembahasan saya ke kategori server, dan kebetulan yang akan saya bahas kali ini adalah Proxmox Virtual Environment. Seperti biasa, saya akan menulis step by step semua tutorial dari awal agar semua pembaca bisa tau dan memahaminya dengan baik atau bahkan bisa langsung mempraktekannya.

Cara Membuat Bootable USB Proxmox dengan Rufus


Seperti yang menjadi pola dari tulisan saya dalam blog ini, sebelum kita sampai kepada poko dan intinya, akan saya bahas dulu beberapa pengantar agar untuk melengkapi pengetahuan kita.


Baca Juga : Cara Mengganti IP Address di Proxmox

Apa Itu Proxmox?

Proxmox VE atau Proxmox Virtual Environment adalah sebuah proyek open source yang di kembangkan dan di maintain oleh Proxmox Server Solutions GmbH di Jerman. Proxmox VE adalah sebuah platform virtualisasi open source untuk menjalankan aplikasi dan mesin virtual. 

Proxmox VE merupakan platform virtualisasi server open-source yang terbaik dalam mengelola dua teknologi virtualisasi - KVM (Virtual Machine berbasis Kernel) untuk mesin virtual dan LXC untuk container-based menggunakan antarmuka web tunggal. Juga dapat mengintegrasikan out-of-the-box-tools untuk mengkonfigurasi ketersediaan tinggi antara server.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Proxmox_Virtual_Environment

Jika anda pernah mengetahui sebuah software yang bernama virtualbox, maka cara kerja proxmox kurang lebih gambaranya seperti virtual box cuman perbedanya jika VirtualBox adalah software untuk membuat mesin/sistem virtual kalau Proxmox sendiri adalah Sistem Operasi untuk membuat mesin virtual.

Sejarah Proxmox?

Perusahaan Proxmox Server Solutions telah didirikan pada tahun 2005. Pendirinya yaitu Martin Maurer dan Dietmar Maurer yang merilis Proxmox Mail Gateway, sebuah perangkat lunak keamanan untuk melindungi server email dari spam, virus, trojan, dan serangan phishing. Tiga tahun kemudian, pada bulan April 2008 perusahaan membuat platform virtualisasi yang open source alias gratis yaitu Proxmox Virtual Environment (VE), yang merupakan solusi manajemen virtualisasi server lengkap yang menggabungkan virtualisasi container-based dan KVM hypervisor pada satu antarmuka manajemen sistem berbasis web.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Proxmox_Virtual_Environment


Kenapa Harus Bootable USB Flashdisk?

Mengenai ini sebetulnya tidak harus USB, Anda bisa menggunakan CD atau DVD karena kebetulan ukuran dari system iso installer si proxmox ini tidak terlalu besar, kurang lebih sekitar 1 GB, jadi bisa juga menggunakan DVD yang kapasitasnya sebesar 4.7 GB.

Kalau saya pribadi jujur saja mending memilih USB Flashdisk, selain karena daya transfernya yang lebih cepat daripada DVD, usb flashdisk juga sangat mudah untuk kita colokan ke server, terlebih lagi DVD kadang suka error kalau ada debu atau kotoran pada bagian piringan nya sehingga menurut saya banyak sekali yang membuat saya khawatir dalam dalam prosess instalasi.

Baca JugaStep by Step Cara Instalasi Proxmox VE

Persiapan Membuat Bootable USB Flashdisk dengan Rufus?

Untuk persiapan, yang pastinya kamu sudah memiliki flashdisk yang masih berfungsi dan bisa digunakan, tidak harus baru tapi masih bisa digunakan, minimum kapasitas yang saya sarankan adalah 4GB dan minimal USB nya Versi 2, akan lebih baik jika flashdisk yang digunakan adalah Flashdisk berkapasitas besar misal 16GB atau 32GB dan menggunakan USB Versi 3 agar kecepatan transfer bisa lebih bagus, untuk membedakan USB versi 2 dan USB versi 3 biasanya terletak pada warna plastik yang ada di bagian colokan usb tersebut, warna biru menandakan usb versi 3 dan warna hitam menandakan usb versi 2.

Setelah USB flashdisk ada, maka selanjutnya adalah laptop atau komputer yang akan kamu gunakan untuk membuat bootable usb flashdisk proxmox.

Setelah kedua benda diatas ada di hadapanmu, maka selanjutnya adalah kamu mengunduh aplikasi rufus yang tersedia di website resminya, saya sendiri menggunakan aplikasi rufus versi portable, jadi tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu. Untuk masuk ke website resminya kamu bisa dengan cara klik disini.

Cara Membuat Bootable USB Proxmox dengan Rufus

Yang terakhir adalah kamu harus mengunduh iso installer dari si proxmox yang ada di website resminya, silahkan kamu masuk ke situs resmi proxmox dengan cara klik disini.

Cara Membuat Bootable USB Proxmox dengan Rufus

Cara Membuat Bootable USB Proxmox dengan Rufus?

Sangat mudah untuk membuat Bootable USB Flashdisk, setelah semua kebutuhan yang saya tulis di atas sudah lengkap terkumpul, silahkan ikuti tahapan berikut ini :

  1. Colokan USB flashdisk ke laptop atau komputer.
  2. Cari aplikasi rufus yang tadi sudah kamu unduh, lalu klik dua kali sampai aplikasi rufus terbuka.
  3. Setelah aplikasi rufus terbuka, Pastikan pada menu Device sudah terbaca USB Flashdisk yang tadi kamu colok.
  4. Selanjutnya pada bagian Boot Selection, silahkan klik tombol Select lalu cari file iso proxmox yang tadi sudah di unduh.
  5. Selebihnya biarkan saja menggunakan settingan default.
  6. Cari tombol Start pada aplikasi rufus lalu klik tombol tersebut.
  7. Jika muncul popup ISOHybrid image detected silahkan pilih Write in DD Image Mode lalu klik ok.
  8. Tunggu sampai prosess selesai, biasanya ditandai dengan munculnya status DONE berwarna hijau.
  9. Selesai.

Jika masih bingung, silahkan lihat gambar dibawah ini :

Cara Membuat Bootable USB Proxmox dengan Rufus

Setelah selesai, silahkan gunakan USB flashdisk tadi untuk menginstal proxmox di server atau pc yang ingin kamu install, jadikan Boot Utama nya ke flashdisk agar prosess instalasi dari flashdisk bisa dilakukan.

KESIMPULAN

Sekian tulisan saya tentang Membuat Bootable USB Flashdisk proxmox dengan rufus dan juga saya tambahkan pengetahuan tentang apa itu proxmox dan bagaimana sistem kerjanya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bootable USB Proxmox dengan Rufus"