Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Setting SNTP Client di Router Mikrotik

 Pada kesempatan kali ini pdn.my.id akan menulis sebuah tutorial penting bagaimana cara setting pengaturan waktu pada router mikrotik, saya tulis dalam sebuah artikel dengan judul Tutorial Setting SNTP Client di Router Mikrotik.

Tutorial Setting SNTP Client di Router Mikrotik - pdn.my.id

Sebagaimana yang sudah biasa kita lakukan dalam artikel ini, sebelum ke inti pembahasan, saya akan memberikan beberapa pemahaman dulu tentang apa yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu :

Apa itu SNTP Client?

SNTP adalah kependekan dari Simple Network Time Protocol Client yang bisa digunakan untuk memfungsikan Router sebagai NTP Client. Saat aktif, Router akan otomatis melakukan sinkronisasi waktu terhadap NTP Server yang ditunjuk sehingga pengaturan waktu akan tetap update.

Baca JugaTutorial Setting Identity di Router Mikrotik

Manfaat Mengaktifkan SNTP Client Mikrotik?

Manfaat dari kita mengaktifkan fitur ini tentu saja agar waktu yang ada di router mikrotik kita bisa selalu update, memang tidak akan terasa ketika kita memfungsikan router seperti biasa, tapi ini akan sangat bermanfaat saat kita sudah berurusan dengan firewall yang menggunakan waktu, misal kita akan memblok aksess ke youtube dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore, pengaturan yang kita buat akan sangat efektif jika pengaturan waktu pada router sudah benar maka dari itu mengaktifkan NTP Client adalah solusi agar waktu terus update dan meminimalisir kesalahan pengaturan.

IP Server SNTP indonesia?

Ada banyak NTP Server di internet yang bisa digunakan. Contoh : id.pool.ntp.org , ntp.nasa.gov dan sebagainya dan kamu juga bisa mengaksessnya [disini], jika kamu ingin langsung menggunakanya, maka saya akan membagikan IP NTP yang bisa saya gunakan yaitu :

  1. 119.110.74.101
  2. 14.102.153.110
  3. 203.114.225.252
  4. 114.141.48.158

Jika teman-teman bertanya dari mana saya mendapatkan IP ini, saya mendapatkan-nya dari link yang saya berikan diatas, perhatikan gambar dibawah ini :

Tutorial Setting SNTP Client di Router Mikrotik

Karena pengalaman saya jika memasukan domain malah sering error jadi yang saya gunakan adalah IP NTP Servernya.

Baca JugaTutorial Setting Firewall NAT Masquerade di Router Mikrotik

Cara Setting SNTP Client?

Cara setting SNTP Client dimikrotik ini sangat mudah sekali, perhatikan tahap-tahapnya dibawah ini :

  1. Masuk ke router mikrotik menggunakan Winbox
  2. Pilih menu System > SNTP Client, akan terbuka satu halaman untuk kita mengkonfigurasinya.
  3. Pada bagian pertama, silahkan centang pada kolom Enable.
  4. Silahkan masukan 2 dari 4 ip address Server NTP yang saya bagikan diatas.
  5. Silahkan simpan di bagian Primary dan Secondary NTP Client.
  6. Jika sudah silahkan klik Apply dan Ok
  7. Selelsai

Untuk membuktikan konfigurasi yang kita lakukan berhasil, silahkan buka pada menu System > Clock, jika jamnya sudah sesuai, berarti kita sudah berhasil.

Kika kamu masih bingung, perhatikan gambar dibawah ini :

Tutorial Setting SNTP Client di Router Mikrotik

Selamat. Sampai disini kamu sudah berhasil setting NTP client mikrotik.

KESIMPULAN

Kita sudah berhasil memahami dan mempelajari apa itu SNTP yang ada pada menu System mikrotik, ini sangat berguna sekali saat kamu melakukan setting firewal yang berhubungan dengan waktu, agar terhindar dari kesalahan konfigurasi maka pengaturan waktu yang ada di router mikrotik mu harus sudah benar dengan cara mengaktifkan fitur SNTP Client.


Posting Komentar untuk "Tutorial Setting SNTP Client di Router Mikrotik"