Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti IP Address di Proxmox

 pdn.my.id - Melanjutkan postingan saya sebelumnya tentang pengelolaan server proxmox, maka saat ini saya sudah sampai ke tahap bagaimana cara mengganti IP Address Proxmox.

Cara Mengganti IP Address di Proxmox pdn.my.id

Untuk lebih detail tentang apa itu IP Address dan sebagainya, sudah pernah saya tulis pada postingan dalam blog ini saat saya membahas mikrotik, jika kamu penasaran, silahkan kunjungi tulisan saya tentang IP Address dengan cara klik disini.

Tujuan Mengganti IP Address?

Tujuan dalam mengganti IP Address adalah dimana saat kita ingin memindahkan jaringan komputer atau server, ada banyak alasan yang menyebabkan ini bisa terjadi, bisa saja karena ada prosess reinprastruktur jaringan di kantor atau sekolah kamu, atau bisa juga karena kamu pindah ruangan dan server tersebut harus berpindah juga karena ada kerahasiaan tertentu agar tidak bisa diakses oleh orang yang tidak berhak. Itu semua bisa saja terjadi tapi intinya adalah mengganti IP Address bertujuan untuk memindahkan koneksi jaringan internet pada komputer atau server tersebut.

Baca JugaCara Membuat Bootable USB Proxmox dengan Rufus

Setiap perangkat memang berbeda cara untuk mengkonfigurasi IP Address, walaupun secara logika sama tapi penempatan menu atau cara mengaksess pengaturan tersebut pasti sangat berbeda, maka dari itu saya disini akan memberikan informasi bagaimana cara mengganti Ip Address pada proxmox, untuk tahapan nya silahkan perhatikan dibawah ini

Step by Step Cara mengganti IP Address di Proxmox?

Untuk step by step cara mengganti IP Address di server proxmox adalah sebagai berikut :
  1. Silahkan kamu login ke dashboard proxmox dengan cara aksess ip server ditambah portnya, default port dari si proxmox sendiri adalah 8006, contoh : http://192.168.3.5:8006, masukan user root dan password yang sudah kamu setting saat instalasi proxmox.
  2. Selanjutnya silahkan klik node kalian, bisanya posisinya berada di sebelah kiri di bawah Datacenter, nama node nya bisa berbeda-beda, kebetulan nama node saya subagti, untuk melihat gambar lengkapnya akan saya sertakan di bagian akhir.
  3. Selanjutnya setelah node di klik, akan tampil banyak menu, silahkan cari menu Network dan klik menu tersebut.
  4. Disana akan tampil beberapa interface yang tersedia pada server proxmox kita, silahkan cari interface yang ip nya akan diubah, silahkan klik interfacenya lalu ubah ipnya.
  5. Jangan lupa untuk klik OK agar konfigurasi yang sudah kita lakukan bisa tersimpan.
  6. Selanjutnya jika kamu ingin mengganti IP DNS juga, silahkan klik menu DNS lalu ubah dns nya sesuai yang kamu inginkan.
  7. Jangan lupa klik OK untuk menyimpan perubahanya.
  8. Setelah ip address di setting, jangan lupa kita ubah juga ip address yang ada di hosts, caranya silahkan klik menu hosts lalu ganti ip addres seperti yang sudah kamu lakukan di atas.
  9. Jangan lupa klik save untuk menyimpan.
  10. Setelah selesai, silahkan lakukan reboot/restart pada server proxmox kamu, menu reboot ada di sebelah kanan atas.
  11. Selesai.

Jika kamu masih bingung, kamu bisa melihat gambar lengkapnya di bawah ini :

Cara Mengganti IP Address di Proxmox pdn.my.id
Network

Cara Mengganti IP Address di Proxmox DNS pdn.my.id
DNS

Cara Mengganti IP Address di Proxmox Hosts pdn.my.id
Hosts

Cara Mengganti IP Address di Proxmox Reboot/Restart pdn.my.id
Reboot/Restart

Mengganti IP Address lewat CLI?

Selain bisa mengubah IP Address lewat interface web proxmox, kita juga bisa mengubah ip address lewat CLI. Perlu sama-sama kita ketahui juga kalau proxmox ini linux berbasis debian maka perintah untuk mengganti ip address tidak berbeda dengan Sistem Oprasi yang berbasis debian lainya, perintahnya cukup mudah silahkan gunakan nano untuk menjadi editor textnya, gunakan perintah seperti di bawah ini :

# nano /etc/network/interfaces

Akan keluar tampilan seperti di bawah ini :

Cara Mengganti IP Address di Proxmox pdn.my.id

Silahkan ubah ip address sesuai kebutuhan.

Jika sudah selesai, silahkan save dengan cara : Ctrl + X lalu Ketik Y Lalu Enter.

Setelah itu restart jaringan dengan dengan menggunakan perintah seperti di bawah ini

# /etc/init.d/networking restart

Selesai.

Baca JugaStep by Step Cara Instalasi Proxmox VE

Sampai disini kamu sudah berhasil mengganti IP Address dari server proxmox yang kamu gunakan dengan baik dan benar.

KESIMPULAN

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas mengganti ip address ini bisa kamu lakukan saat kamu akan memindahkan jaringan komputer/server tersebut, sudah saya tulis dengan lengkap bukan cuman ip address, berikut juga mengganti DNS dan juga hosts atau hostname dari si proxmox tersebut, Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat, Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Mengganti IP Address di Proxmox"