Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Mengatasi Error 0x000003e3 Saat Sharing Printer

Tutorial Mengatasi Error 0x000003e3 Saat Sharing Printer - pdn.my.id

pdn.my.id - Pada kesempatan ini saya akan membahas seputar permasalahan pada printer, kali ini saya akan membahas Tutorial Mengatasi Error 0x000003e3 Saat Sharing Printer.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa penggunaan printer sharing saat ini selalu digunakan di setiap kantor tempat bekerja, selain bisa menghemat biaya, cara ini dianggap bisa lebih efisien juga terhadap anggaran karena tidak perlu menggunakan banyak printer, biasanya 1 printer saja cukup bisa melayani 3 sampai 4 orang.

Baca JugaCara mengatasi Error 0x000011b saat sharing printer - FIX

Cuman, dengan penggunaan printer seperti ini, saya pribadi selaku IT Support selalu kewalahan karena hampir dua atau tiga hari sekali selalu saja ada masalah, ini juga karena yang saya tangani lumayan banyak kurang lebih hampir 200 an pegawai, solusi yang saya punya adalah mau gimana lagi saya harus mengajari beberapa orang cara untuk memperbaikinya dan langkah mudah nya ketika terjadi ada masalah, diantara masalah yang sering terjadi adalah adanya Error 0x000003e3 Saat Sharing Printer.

Jika teman-teman pembaca ada yang masih bingung tentang apa itu sharing printer, saya akan jelaskan dulu secara singkat.


Apa itu sharing Printer?

Sharing printer atau sebagian orang menyebut printer sharing ini adalah sebuah metode untuk membagi satu buah printer agar bisa digunakan oleh lebih dari 1 (satu) orang, biasanya sih digunakan oleh 2 (dua) sampai empat orang bahkan bisa lebih. Caranya kurang lebih printer di install di satu buah komputer yang mana komputer tersebut kita jadikan posisinya sebagai server printer, selanjutnya komputer lain dikoneksikan dengan printer server sehingga bisa melakukan print dokumen pada printer tersebut, secara singkatnya sih seperti itu.

Ada banyak sekali sebetulnya masalah yang timbul dengan metode sharing printer ini, diantaranya adalah komputer yang kita jadikan server tidak boleh mati, jadi kita harus memastikan bahwa komputer tersebut, terkadang orang yang punya komputernya sedang cuti atau tidak masuk kerja karena ada beberapa alasan, kita harus menghidupkan komputer tersebut karena statusnya sebagai server agar komputer lain bisa melakukan print.


Mengatasi Error 0x000003e3

Salah satu error yang sering terjadi adalah error 0x000003e3, buat kamu yang mengalami hal ini, cara menyelesaikanya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama kita pastikan bahwa printer yang kita gunakan dalam keadaan hidup/menyala.
  2. Jika kita sudah yakin bahwa printer tersebut menyala selanjutnya adalah pastikan bahwa komputer tersebut terhubung ke komputer yang kita jadikan server.
  3. Pastikan juga bahwa driver printer tersebut sudah terinstal.
  4. Matikan atau restart printernya dengan cara menekan tombol power selama 5 detik lalu hidupkan kembali, terkadang printer juga suka mengalami hang.
  5. Lakukan restart pada komputer server printer.
  6. Periksa juga apakah dari komputer server kita bisa melakukan print dokumen? jika tidak bisa maka fokus yang harus kita lakukan adalah memeriksa masalah kenapa printer tersebut tidak bisa ngeprint dari komputer server.
  7. Jika komputer server bisa melakukan print, maka silahkan periksa firewall pada komputer server, coba saja kita matikan dulu firewallnya.
  8. yang terpenting lagi adalah, pastikan semua komputer terhubung kedalam satu buah jaringan internet, baik komputer server dan komputer lainnya yang kita jadikan sebagai client.


Yang tadi saya sampaikan diatas adalah cara sederhana dan mudah serta cara yang paling mudah untuk memperbaiki masalah pada printer dan sharing printer.

Jika cara diatas sudah dilakukan namun ternyata masih belum bisa mengatasi masalah, maka silahkan untuk mencoba cara berikutnya yaitu menghapus antrian pada printer spooler.


Cara Menghapus Antrian print pada Printer Spooler

Tidak jarang sekali terjadi dalam metode sharing printer, dua sampai tiga orang bahkan lebih melakukan print dokumen secara bersamaan, ini salah satu yang menjadi masalah dan menimbulkan error 0x000003e3 dimana banyak antrian yang belum terprosess dengan baik tapi sudah datang lagi perintah untuk mengeprint dokumen, cara yang paling mudahnya adalah kita menghapus terlebih dahulu antrian yang sudah masuk pada printer spooler dan kita meminta kepada penggunanya untuk melakukan antri dalam prosess ngeprint dokumen, proses ini kita lakukan pada komputer yang kita jadikan sebagai printer server, cara menghapus Antrian pada printer spooler adalah sebagai berikut :

  1. Pertama kita Tekan tombol Windows + R , akan muncul dialog Run
  2. Di kotak dialog Run yang keluar kita ketik services.msc lalu tekan Enter untuk membuka Services. 
  3. Di jendela Services, cari scroll kebawah layanan Print Spooler
  4. Klik kanan pada Print Spooler dan pilih Properties
  5. Di jendela Properties, klik Stop.

Tutorial Mengatasi Error 0x000003e3 Saat Sharing Printer - stop spooler printer - pdn.my.id

Langkah-langkah yang kita lakukan diatas adalah untuk menghentikan proses cetak/print. Jika printer spooler tidak kita matikan, kita tidak akan bisa menghapus dokumen yang sedang antri tadi, Biarkan jendela Print Spooler Properties tetap terbuka.

Selanjutnya kita menghapus file antrian cetak/printnya

  1. Sekarang, tekan tombol Windows + E untuk membuka File Explorer. 
  2. Selanjutnya buka folder : C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS 
  3. Hapus semua file di dalam folder Printers tersebut.
  4. Jika Kamu tidak melihat file apapun, Kamu perlu menampilkan file/folder tersembunyi.
  5. Untuk menampilkan file dan folder tersembunyi adalah, pada bagian atas File Explorer ada menu view, klik menu view tersebut
  6. Silahkan centang pada bagian Hidden items.

    Tutorial Mengatasi Error 0x000003e3 Saat Sharing Printer-show hidden file - pdn.my.id

  7. Silahkan cek kembali pada folder PRINTERS
  8. Hapus semua file yang ada disana.
  9. setelah selesai menghapus silahkan tutup jendela File Explorer
  10. Kita kembali lagi ke service Print Spooler Properties yang tadi sudah kita buka, klik tombol Start untuk menghidupkan kembali Print Spooler yang tadi kita matikan.
  11. Silahkan restart komputer server printer tersebut.
  12. Selesai.


Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang Tutorial Mengatasi Error 0x000003e3 Saat Sharing Printer, dengan proses diatas biasanya saya sendiri sudah bisa menyelesaikan permasalahan ini asal dilakukan dengan hati-hati dan ketelitian, terimakasih atas perhatiannya, jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar, Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Tutorial Mengatasi Error 0x000003e3 Saat Sharing Printer"