Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Zoom Sering Bermasalah? Perhatikan 4 hal ini

 pdn.my.id - Seperti kita ketahui, Zoom merupakan salah satu aplikasi yang banyak dimanfaatkan terutama untuk berbagai kegiatan di kantor dan sekolah, baik itu untuk meeting dengan teman kerja, belajar online, seminar, bahkan untuk berkumpul bersama keluarga atau teman secara virtual.

Aplikasi Zoom Sering Bermasalah? Perhatikan 4 hal ini

Aplikasi video conferencing ini banyak dipakai sebagai sarana tatap muka virtual karena memang aplikasi ini sangat mudah untuk di gunakan, hasil videonya pun sangat bagus dan satu lagi yang membuat aplikasi ini sangat diminati yaitu bisa digunakan di berbagai perangkat. Berbeda dari aplikasi lain seperti FaceTime yang hanya ada di perangkat Apple, Zoom pun tersedia di Android dan PC. Pengguna bisa saling terhubung dalam ruang obrolan yang sama meskipun menggunakan perangkat berbeda.

Baca JugaTutorial Download Data Registrasi di zoom

Aplikasi Zoom bisa digunakan dengan gratis, tapi durasi video conferencing dibatasi hanya 40 menit saja dan jumlah partisipan satu sesi maksimal 100 orang. Ada sejumlah paket berbayar berisi fitur-fitur tambahan yang ditawarkan di situsnya, bisa anda cek di website resminya zoom.

Salah satu fitur populer dari Zoom adalah kemampuan mengunggah gambar atau video untuk dijadikan latar belakang ketika melakukan conferencing. Fitur ini demikian populernya sehingga ditiru oleh Microsoft dalam layanan Aplikasi Teams miliknya. Tentu untuk menggunakan fitur ini harus menggunakan perangkat yang spesifikasinya lumayan tinggi..

Tapi ketika memakai aplikasi Zoom baik melalui laptop/PC maupun aplikasi pada smartphone, adakalanya Anda mengalami kejadian yang menjengkelkan. Misalnya, seperti aplikasi zoom sering keluar sendiri secara tiba-tiba yang banyak dikeluhkan oleh banyak pengguna tersebut.

Masalah ini tentu menjadi hal yang cukup menjengkelkan, apalagi jika Anda sedang serius menyimak materi atau arahan dari pemateri tapi harus keluar secara tiba-tiba dari aplikasi tersebut.

Penyebab aplikasi zoom yang sering logout secara tiba-tiba sangatlah beragam. Namun demikian, mengutip penjelasan dari berbagai sumber di internet, ada empat penyebab utama mengapa kejadian ini bisa terjadi.

1. Koneksi Internet yang Buruk atau Tidak Stabil

Jaringan internet yang buruk merupakan faktor utama yang menyebabkan aplikasi zoom yang Anda gunakan sering logout atau keluar sendiri secara tiba-tiba. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa aplikasi zoom ini harus difasilitasi dengan koneksi internet yang bagus karena aplikasi ini melakukan prosess upload dan download media secara bersamaan yang tentunya ini sangat perlu difasilitasi oleh internet yang bagus, maka dari itu saya pribadi selalu menyarankan untuk mengutamakan menggunakan kabel sebagai media koneksi internet ke laptop/PC anda dan menghindari koneksi nirkabel selagi bisa.

Banyak sekali guru yang mengalami keluhan saat zoom namun menggunakan koneksi nirkabel (wifi), setelah saya sarankan untuk menggunakan kabel, biasanya masalah teratasi dan zoom lancar kembali, Perlu diketahui juga bahwa menggunakan koneksi nirkabel mengakibatkan kemungkinan banyak nya terjadi kendala terutama jika anda jauh dari perangkat wifinya.

Koneksi internet yang tidak stabil atau buruk bisa juga terjadi akibat kondisi cuaca yang tidak bersahabat, infrastruktur internet yang tidak standar atau jarak dari perangkat yang anda gunakan terlalu jauh ke perangkat wifi sehingga menyebabkan kualitas bandwidth yang anda gunakan tidak maksimal dan Ini akan meningkatkan resiko terjadinya masalah. Jika anda harus menggunakan koneksi nirkabel (wifi) maka pastikan bahwa kekuatan sinyal ke laptop/hp anda sangat bagus.

Kondisi koneksi internet buruk ini umumnya ditandai dengan notifikasi pada layar yang berisi keterangan bahwa koneksi internet Anda dalam keadaan tidak stabil.

Berikut adalah uraian kebutuhan bandwidth untuk zoom yang saya ambil dari website resminya.

Bandwidth yang disarankan untuk rapat dan webinar :

  • Untuk panggilan video 1:1:
    Untuk video berkualitas tinggi: 600kbps (upload/download)
    Untuk video HD 720p: 1.2Mbps (upload/download)
    Untuk video HD 1080p: 3.8Mbps/3.0Mbps (upload/download)
  • Untuk panggilan video grup:
    Untuk video berkualitas tinggi: 1.0 Mbps/600kbps (upload/download)
    Untuk video HD 720p: 2.6Mbps/1.8Mbps (upload/download)
    Untuk video HD 1080p: 3.8Mbps/3.0Mbps (upload/download)
    Untuk penerimaan tampilan galeri: 2.0Mbps (25 tampilan), 4.0Mbps (49 tampilan)
  • Hanya untuk berbagi layar (tanpa thumbnail video): 50-75kbps
  • Untuk berbagi layar dengan gambar mini video: 50-150kbps
  • Untuk audio VoiP: 60-80kbps
  • Untuk Zoom Ponsel: 60-100kbps

Bandwidth yang disarankan untuk peserta webinar:

  • Untuk video panelis di :
    ~600kbps (download) untuk video berkualitas tinggi
    ~1.2-1.8Mbps (download) untuk video HD 720p
    ~2-3Mbps (download) untuk video HD 1080p 
  • Hanya untuk berbagi layar (tanpa thumbnail video): 50-75kbps (download)
  • Untuk berbagi layar dengan gambar mini video: 50-150kbps (download)
  • Untuk audio VoiP: 60-80kbps (download)

Terakhir Diperbarui: 20 April 2021

Link Sumber : https://support.zoom.us/hc/en-us/articles/201362023-System-requirements-for-Windows-macOS-and-Linux#h_d278c327-e03d-4896-b19a-96a8f3c0c69c

Maka dari itu, bagi Anda yang selalu menggunakan aplikasi zoom dan tidak ingin mengalami masalah yang mengganggu kelancaran acara anda, pastikan koneksi internet yang digunakan bagus infrastruktur internet yang sesuai standar dan utamakan menggunakan kabel.

2. Spesifikasi Perangkat Rendah

Setelah koneksi internet sudah terjamin bagus dan maksimal, penyebab aplikasi zoom sering keluar sendiri berikutnya yaitu karena faktor perangkat anda memiliki spesifikasi rendah.

Kejadian spesifikasi perangkat rendah ini memang jarang sekali diketahui oleh pengguna aplikasi sehingga ketika ada masalah biasanya yang disalahkan adalah koneksi internet, padahal tidak melulu kesalahan itu adanya di internet, bisa juga di spesifikasi komputer/laptop anda tidak sesuai dengan yang disarankan oleh pihak zoom sendiri.

Dalam hal ini pihak zoom sendiri sudah menulis pada websitenya kriteria laptop yang standar untuk digunakan meeting menggunakan aplikasi zoom yaitu sebagai berikut.

  • Minimum
    Processor : Single-core 1Ghz or higher
    RAM : N/A
  • Recommended
    Processor : Dual-core 2Ghz or higher (Intel i3/i5/i7 Gen 6, or AMD equivalent)
    RAM : 4 GB

Catatan:

  • Laptop dual-core dan single-core memiliki frame rate yang lebih rendah saat berbagi layar (sekitar 5 frame per detik). Untuk kinerja berbagi layar yang optimal pada laptop, kami merekomendasikan prosesor quad-core atau lebih tinggi.
  • Linux membutuhkan prosesor atau kartu grafis yang dapat mendukung OpenGL 2.0 atau lebih tinggi.
  • Spesifikasi minimum di atas hanya untuk digunakan oleh aplikasi zoom saja dan untuk penggunaan biasa saja, tidak untuk aplikasi yang lain, tidak disarankan sambil buka word, excel. Power point dan juga browser seperti chrome, brave atau firefox.
  • Sumber : https://support.zoom.us/hc/en-us/articles/201362023-System-requirements-for-Windows-macOS-and-Linux#h_67509835-43ac-484f-9022-dca6a908b76a

Jika anda ingin menggunakan semua fitur yang ada dalam aplikasi zoom seperti Background virtual, share screen dan lainya maka agar lebih optimal sangat diperlukan perangkat yang melebihi dari recomended di atas, apalagi jika peserta zoom lebih dari 100 partisipan.

Untuk smartphone yang dibekali dengan spesifikasi pas-pasan akan lebih mudah mengalami crash ketika sedang menjalankan aplikasi zoom.

Smartphone yang hanya didukung dengan RAM yang rendah memiliki potensi yang besar untuk mengalami not responding dan crash saat menjalankan aplikasi berat, termasuk zoom.

Apalagi ketika video conference sedang diikuti banyak peserta dan sering bergantian shared screen dan pembicara, umumnya smartphone akan mudah lag serta mengakibatkan aplikasi yang terbuka akan menutup secara tiba-tiba.

3. Perangkat Mengalami Kondisi Panas yang Berlebih

Masih berkaitan dengan beberapa penyebab aplikasi zoom sering keluar sendiri sebelumnya, perangkat yang dipakai untuk keperluan video conference dalam waktu lama tanpa jeda istirahat biasanya akan lebih mudah mengalami kondisi panas yang berlebih.

Masalah overheat ini akan memberikan dampak negatif berupa aplikasi yang mengalami logout dan cerash secara tiba-tiba.

Beberapa hal yang bisa membuat perangkat baik itu laptop atau pun smartphone yang menyebabkan cepat mengalami kondisi panas dan perlu anda hindari adalah :

  1. Tidak disarankan menggunakan laptop/smartphone di ruang terbuka yang terkena sinar matahari langsung.
  2. Tidak disarankan menggunakan laptop/smartphone disimpan di atas kasur atau bantal.
  3. Tidak disarankan menggunakan laptop/smartphone disimpan di atas meja yang terdapat kain tebal di atasnya dan kemungkinan bisa menutupi kipas sirkulasi udara pada perangkat tersebut.
  4. Pastikan suhu ruangan yang digunakan sejuk.

Terkadang kita asal pakai saja laptop di sembarang tempat, tanpa memperhatikan berdampak atau tidaknya pada performa perangkat kita. Peletakan laptop pada posisi sedang digunakan menjadi penting karena dapat berdampak pada sirkulasi udara yang ada di dalam laptop tersebut. Misalnya kita sering menggunakan laptop dan diletakkan diatas kasur ataupun diatas bantal, ini dapat menghambat sirkulasi udara pada laptop yang efeknya adalah mempercepat proses peningkatan suhu panas pada komponen-komponen didalamnya. Cara penggunaan seperti itu yang terus menerus dapat menyebabkan menumpuknya kotoran pada komponen yang ada di dalam laptop, semisal pada heatsink processor.

Bahkan, dalam beberapa kondisi ditemukan akibat laptop/smartphone dengan keadaan yang terlalu panas akan mati ataupun restart dengan sendirinya.

Usahakan kondisi ruangan dan tempat anda menyimpan perangkat untuk tidak membuka terlalu banyak aplikasi saat menjalankan aplikasi zoom.

4. Meeting Room Mengalami Zoom Bombing

Penyebab aplikasi zoom sering keluar sendiri yang terakhir yaitu karena ulah nakal dari para pembajak yang sedang usil dengan room meeting anda.

Pembajak tersebut membanjiri room meeting anda dengan beragam pesan yang banyak jumlahnya. Pesan ini dikenal dengan istilah zoom bombing yang dapat menyebabkan aplikasi zoom menjadi lebih berat.

Jika sudah demikian, zoom pun akan berakhir dengan keluar secara tiba-tiba. Masalah ini memang tidak bisa diantisipasi karena kita tidak tahu kapan pembajak bisa datang mengganggu.


KESIMPULAN

Nah, itulah beberapa penyebab aplikasi zoom sering keluar sendiri yang sebaiknya Anda ketahui, terutama yang sering menjalankan aplikasi ini untuk aktivitas sehari-hari.

Demi kelancaran zoom meeting Anda, pastikan koneksi internet yang digunakan stabil, infrastruktur internet yang digunakan sudah sesuai standar. Selain itu, sebaiknya perangkat yang digunakan untuk menjalankan aplikasi zoom memiliki spesifikasi yang bagus.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Zoom Sering Bermasalah? Perhatikan 4 hal ini"