Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Error CodeIgniter – Message: mkdir(): Invalid path

 pdn.my.id - Pada kesempatan kali ini admin akan membahas topik dari dunia pemerograman. Error ini admin temukan pada saat admin memindahkan beberapa aplikasi di kantor yaitu error mkdir(): Invalid path.

Mengatasi Error CodeIgniter – Message: mkdir(): Invalid path

Tapi sebelum kita membahas mengenai errornya, admin akan memberikan dulu pengetahuan tentang dasarnya, dimana kita harus mengenal dulu jenis pemerograman yang admin maksud pada tulisan kali ini.

Apa itu Codeigniter?

CodeIgniter adalah sebuah Framework atau Kerangka kerja PHP yang gratis dan juga Open Source dimana krangka kerja ini menggunakan model MVC (Model, View, Control). Kalau kamu sudah memahami framework ini dengan baik, kamu bukan hanya bisa menggunakan teknik MVC bahkan kamu juga bisa mengupgrade nya menjadi HMVC (Hierarchy, Model, View, Control) yang bagi saya teknik ini sangat membantu saya untuk kerapiham file pemerograman sehingga program yang dihasilkan bisa lebih rapih dan ter tata dengan benar, untuk penjelasan lengkapnya pada lain kesempatan akan saya tulis pada blog ini.

Kenapa harus Codeigniter?

Jika bicara kenapa harus menggunakan codeigniter, itu sih menurut saya adalah sebuah pilihan karena ada banyak sekali framework gratis dan berbayar yang bisa kamu gunakan, bagi saya pribadi lebih nyaman menggunakan framework ini karena dari awal belajar sampai sekarang saya menggunakan terus framework ini sehingga saya merasa sudah familiar dan nyaman saat menggunakanya walaupun updatenya jika di bandingkan dengan Laravel, codeigniter ini sudah sangat ketinggalan.

Kenapa Terjai Error Message: mkdir(): Invalid path?

Pada awalnya dalam aplikasi saya tidak ada masalah, kebetulan saya menggunakan server dengan OS ubuntu versi 14.04 dimana disana terinstall php versi 5.5, karena ada beberapa hal yang harus saya update, akhirnya saya menginstalls ebuah server dengan menggunakan AAPanel, bagi saya AAPanel mudah dan ringan untuk digunakan dan juga interface nya tidak terlalu banyak, cukuplah untuk menangani kebutuhan saya. Pas saya pindahkan aplikasi saya dari server lama ke server baru yang saya install AaPanel keluarlah error tersebut menyebabkan aplikasi saya tidak bisa digunakan.

Mengatasi Error CodeIgniter – Message: mkdir(): Invalid path

Cara Memperbaiki Message: mkdir(): Invalid path?

Untuk cara memperbaikinya adalah, buka file config.php pada Codeigniter, letaknya di dalam folder /application/config/. Kemudian cari satu baris secript

$config[‘sess_save_path’] = NULL

Selanjutnya ubah nilai NULL tersebut menjadi = sys_get_temp_dir(); seperti di bawah ini

$config[‘sess_save_path’] = sys_get_temp_dir();

Perhatikan gambar dibawah ini

Mengatasi Error CodeIgniter – Message: mkdir(): Invalid path

Setelah sesuai, silahkan refresh kembali browser anda.


Kesimpulan

Error ini terjadi mungkin karena session save pathnya harus di arahkan sesuai dengan yang di inginkan oleh si AAPanel sehingga saat kita tidak simpan sesion tersebut, perogram kita error karena kita tidak mengikuti aturan si AAPanel.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Error CodeIgniter – Message: mkdir(): Invalid path"