Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial mudah update router mikrotik

 Pada kesempatan kali ini pdn.my.id akan menulis sebuah tutorial bagaimana cara mengupdate router mikrotik dengan mudah.

Tutorial mudah update router mikrotik

Saat sebuah system itu dibuat biasanya ada saja kekurangan yang terdapat pada system tersebut. Selain kekurangan, tentu saja system tersebut semakin rentan terhadap serangan hacker. Karena hacker setiap harinya mencoba cara baru agar dapat mengeksploitasi system yang diserang, pastinya mereka mempunyai tujuan yang tidak baik, entah itu mengambil data kita atau mengenkripsi data kita agar mereka bisa meminta bayaran untuk menggunakan jasa dekrip mereka sehingga file bisa digunakan lagi.

Apa itu update  router mikrotik ?

Update bisa diartikan juga dengan memperbarui, system yang sedang kita gunakan, kita perbarui dengan system yang baru bisa berdasarkan kebutuhan fitur atau peningkatan system keamanan nya. Artinya, Update router  ini membantu pengguna dalam mengatasi bug atau kelengkapan fitur yang terdapat pada router tersebut agar sistem maupun program yang terdapat di dalamya tetap terjaga keamanan dan kinerjanya.

Apakah update router mikrotik itu penting ?

Jika ditanya penting atau tidak, pastinya ini sayakatakan sangat penting, sepperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa ini dilakukan demi kemanan system, tidak sedikit yang pernah bertanya kepada saya, " pak kok router saya tiba-tiba ada yang akses?", "pak kok router saya tiba-tiba usernya makin banyak dan gak tau siapa yang nambahin!", pak kok router saya sering hank dan error.

Baca JugaCara menjaga keamanan mikrotik saat kita mengaktifkan Allow Remote Requests

Untuk menjawab semua pertanyaan diatas pastinya saya selalu bertanya apakah kamu sudah melakukan update system secara rutin?, perlu kita sadari bahwa setiapharinya para hacker itu mengulik ulik system kita agar mereka bisa dengan bebas masuk dan memanfaatkanya untuk kepentingan pribadi, maka dari itu saran saya selalu update router mikrotik anda, rajin-rajinlah cek jika sudah ada update terbaru.

Selain saya meminta kamu untuk mengupdate router, saya juga akan menjelaskan bagaimana cara mengupdate router mikrotik, caranya silahkan perhatikan dibawah ini :

  1. Siapkan winbox untuk meremot router mikrotik kamu,jika belum punya bisa download disini [winbox]
  2. Pastikan kamu punya username dan password untuk masuk ke router mikrotik.
  3. Silahkan kamu pilih menu System > Packages > Check for updates
  4. Setelah kamu cek dan ternyata ada update versi terbaru, silahkan klik tombol Download & Install
  5. Tunggu sampai proses selesai, biasanya router akan restart sendiri.

Jika masih bingung, silahkan perhatikan gambar di bawah ini :

Tutorial mudah update router mikrotik

Jika sudah berhasil, maka akan tampil status System is already up to date, perhatikan gambar dibawah ini :

Tutorial mudah update router mikrotik

Kapan waktu update router mikrotik ?

Untuk waktunya, silahkan kamu tentukan sendiri, pastinya saat orang lain tidak ada yang sedang menggunakan internet dari routermu, biasanya kalau saya lebih memilih di malam hari sekitar jam 22.00 - 23.59, kenapa pada waktu tersebut, kalau di kantor saya sudah bisa saya pastikan pada jam itu tidak ada yang sedang menggunakan internet.

Baca JugaTutorial Lengkap Setting DNS di Router Mikrotik

Apakah ada notifikasi/pemberitahuan update mikrotik ?

Untuk saat ini yang saya rasakan belum ada notifikasi atau pemberitahuan, jadi kita harus mengecek terlebih dahulu seperti pada tutorial yang saya tulis diatas, mudah-mudahan kedepanya bisa ada notifikasi sehingga kita tahu kalau router mikrotik ada update terbaru.

Apa itu winbox ?

Mohon maaf sebelumya jika saya menjelaskannya di akhir, jadi winbox itu adalah sebuah software/aplikasi yang disediakan oleh mikrotik sendiri untuk meremot prangkat mikrotik kita, apakah bisa jika tidak menggunakan winbox?. bisa-bisa saja, kamu bisa menggunakan ssh atau telnet tapi kamu harus mengerti perintah perintahya, dengan adanya winbox, kita hanya cukup dengan klak klik saja dan lebih mudah difahami.

Masih bingung cara update router mikrotik?

Jika kamu masih bingung atau kamu masih baru di dunia jaringan, saya juga sudah membuat versi videonya, gunana untuk mempermudah kamu yeng memang baru belajar, silahkan perhatikan video dibawah ini :


Kesimpulan

Mungkin cukup sekian pembahasan pdn.my.id tentang Tutorial mudah update router mikrotik.

Dengan kamu membaca Tutorial mudah update router mikrotik ini harapanya kamu bisa memahami pentingnya update system mikrotik demi kemamanan router dan kenyamanan pengguna internet.


Posting Komentar untuk "Tutorial mudah update router mikrotik"