Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Menu Google News di Halaman Google Search Console

 

Cara Menampilkan Menu Google News di Halaman Google Search Console - pdn.my.id

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tutorial bagaimana cara menampilkan menu Google News atau google berita pada halaman Google Search Console.

Seperti yang sama-sama kita ketahui sampai saat ini hampir semua blogger masih meyakini bahwa dengan mendaftarkan situs atau blog di google news maka proses indeks artikel oleh google bisa semakin cepat. Hal inipun memang saya yakini karena sudah ada beberapa blog yang saya daftarkan dan diterima oleh google news, prosess indeks artikel bisanya paling lama hanya membutuhkan waktu 1 jam saja,

Baca JugaTerbaru cara mengatasi Diindeks, meski diblokir oleh robots.txt

Apa itu Google News?

Pengertian google news atau google berita menurut definisi saya adalah sebuah halaman berita dan media informasi yang disediakan oleh google, isinya adalah komplikasi berita yang diambil dari berbagai sumber blog ataupun website yang mana mereka mendaftarkan situs mereka ke google news, karena itulah prosess indek menurut saya bisa lebih cepat karena informasi yang kita tulis merupakan informasi yang ditampilkan oleh google dalam situs beritanya.

Manfaat Google News?

Jika bicara manfaat dari google news, sepengalaman saya pribadi akan saya simpulkan menjadi beberapa poin yaitu :

  1. Artikel lebih cepat terindeks google, hanya hitungan jam saja.
  2. Berkesempatan menduduki posisi Page One di search engine google
  3. Bisa meningkatkan trafik lebih banyak dari biasanya karena dibantu oleh google sendiri menawarkan artikel anda untuk dikunjungi.
  4. Tidak perlu biaya untuk memperomosikan artikel kita karena seperti yang saya sebut di atas, kita dibantu oleh google.

dan lebih banyak keunggulan lainya, tentunya untuk mendapatkan manfaat seperti diatas syarat dan ketentuan berlaku, seperti konten yang bagus dan berkualitas serta selalu update.


Cara mendaftar google news ?

Setelah kita mengetahui apa itu google news rasanya tidak selesai kalau kita tidak mencoba untuk mendaftarkan diri pada google news agar bisa mendapatkan manfaat di atas, saya akan memjelaskan dengan lebih singkat karena saya rasa untuk mendaftar google news memang sangat mudah, yaitu :

  1. Pastikan kamu sudah punya blog/website
  2. Blog atau website kamu sudah berisi minimal 3 artikel
  3. selanjutnya masuk ke halaman publisher center google news dengan cara klik disini.
  4. Dibawah beranda silahkan klik Tambah Publikasi
  5. Isi halaman yang muncul sesuai dengan title dan deskripsi blog yang akan kita daftarkan lalu klik tambahkan publikasi.
  6. Selanjutnya klik halaman publikasi yang tadi sudah kita buat, lalu klik tombol Setelan Publikasi.
  7. Silahkan isi informasi pada form yang ada, sesuaikan dengan kebutuhan dan jangan lupa pada bagian tab Gaya Visual, silahkan isi dengan logo blog kamu, ukuran logonya adalah 512 x 512 pixel.
  8. Jangan lupa klik simpan pada bagian kanan atas untuk menyimpan perubahan yang sudah kita lakukan.
  9. Kita kembali lagi ke halaman awal publikasi dengan cara klik nama publikasi yang tadi kita buat, menu tersebut ada di sebelah kanan
  10. Pada bagian Google Berita/Google News silahkan klik setelah masuk kedalam silahkan klik edit.
  11. Silahkan isi semua informasi yang harus di isi
  12. Pada tab Setelan konten, silahkan masukan link url feed atau rss dari blog kalian.
  13. Terkahir lihat pada tab Tinjau dan Publikasi
  14. Pada halaman ini, jika ada informasi yang belum kita isi, maka akan diberitahukan, silahkan dilengkapi dulu informasi yang dibutuhkan
  15. Setelah itu klik publikasikan, biasanya ini memakan waktu kurang lebih selama 2 sampai 4 hari, nanti akan diberitahu istus kita di tolak atau di acc untuk tampil di halaman berita google atau di google news.

Baca : Cara Lengkap Mendaftar di Google News


Cara Menampilkan Menu Google News di Halaman Google Search Console?

Biasanya setelah kita berhasil diterima di google news, pada halaman menu search console kita juga akan tampil menu Google news atau Google berita, tapi ko saya tidak muncul, bagaimana cara mengatasinya ?

Penyebab tidak muncul

Penyebab tidak munculnya menu google news pada halaman GSC (Google Search Console) adalah karena berita yang kamu terbitkan belum ada yang mengunjungi. jadi gogole tidak akan mencatat apapun wong datanya aja belum ada, memang sekarang sangat susah sekali bersaing mencari pengunjung, cara yang paling ampun untuk segera menampilkanya adalah dengan cara klik sendiri di halaman google berita.

Caranya?

  1. Pertama silahkan kamu masuk ke halaman google berita dengan cara klik disini.
  2. Cari nama publikasi blog yang kamu buat, misal kalau saya namanya pdn.my.id, perhatikan gambar dibawah ini
    Cara Menampilkan Menu Google News di Halaman Google Search Console
  3. Setelah kamu selesai mencari nama publikasi nya, silahkan klik maka semua artikel yang ada dalam blogmu akan tampil disana.
  4. Selanjutnya silahkan klik salah satau artikel kamu, saya sarankan sih klik 1 - 3 saja.
  5. Selanjutnya tunggu saja karena menu tersebut akan muncul kurang lebih 2- 3 hari.
  6. Selesai.

Penutup

Sudah selesai tutorial Cara Menampilkan Menu Google News di Halaman Google Search Console, sangat mudah dan sangat praktis, alian anti ribet, terimakasih atas perhatianya, jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar, terimakasih dan sampai jumpa lagi.


Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan Menu Google News di Halaman Google Search Console"