Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terbaru Backup Artikel Postingan Blogspot

 

Cara Terbaru Backup Artikel Postingan Blogspot - pdn.my.id

Cara Terbaru Backup Artikel Postingan Blogspot mungkin sangat dicari pada saat-saat ini melihat dari beberapa kasus yang saya lihat di grup blogger, tidak sedikit orang yang megeluhkan karena tanpa konfirmasi pihak google tiba-tiba menghapus blog yang sedang dikelola.

Baca JugaCara Menampilkan Menu Google News di Halaman Google Search Console

Perlu teman-teman ketahui sebelumnya bahwa pada platform blogger kita tidak memiliki aksess full untuk mengontrol blog seperti wordpress, biasanya pada wordpress kita bisa membackup seluruh source code dan juga databases blog kita, jadi jika sewaktu-waktu mau pindah hosting tidak terlalu ribet, pada platform blogspot kita hanya diberikan aksess untuk menulis artikel, melihat statistik, mengganti tema dan beberapa pengaturan lainya, disamping keterbatasan ini maka saya pribadi selalu menyarankan kepada blogger yang mengunakan blogspot untuk selalu membackup artikel setiap hari, ini dimaksudkan jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak di inginkan, kita bisa mengembalikan artikel yang sudah pernah kita tulis.


Penyebab blogspot dihapus oleh google?

Ada beberapa yang bertanya, kenapa ko tiba-tiba dan tanpa konfirmasi blogspot saya tiba-tiba dihapus oleh google. sebetulnya untuk menjawab ini saya selalu bertanya kembali, apa yang sudah kamu lakukan dengan blogspot tersebut, karena rasanya tidak akan ada masalah jika memang kita tidak berbuat sesuatu yang melanggar perjanjian dari pihak google,


Hal-hal yang melanggar aturan google.

Jika kamu menggunakan blogspot untuk sesuatu yang melanggar aturan google, maka tidak heran jika blogspot kamu tiba-tiba dihapus oleh pihak google, hal-hal yang melanggar dan perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Jangan gunakan blog untuk SPAM.
  2. Jangan gunakan blog untuk streaming filem-filem yang ilegal.
  3. Blog jangan dijadikan untuk tempat berjudi.
  4. Blog jangan digunakan untuk prostitusi dan kegiatan pengiklanan asusila lainya.
  5. Jangan digunakan untuk promosi minuman dan obat-obatan terlarang.
  6. dan yang terbaru, banyak yang tiba-tiba dihapus itu karena menggunakan jasa iklan adstera, ini sedang saya dalami kasus ini tapi kebanyakan riset saya mereka tidak melanggar aturan cuman menggunakan iklan adstera, mungkin iklan adstera dianggap google tidak bersahabat sehingga google mengangapnya sebagai sepam.


Cara Mudah Backup Seluruh Artikel Postingan Blogspot

Untuk caranya sendiri memang sangat mudah, yang perlu diperhatikan adalah kamu bisa menyimpan hasil backupanya, saya sendiri biasanya menyimpan hasil backupanya dalam folder khusus yang sudah saya sediakan, kadang saya simpen juga di google drive demi keamanan, untuk caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama masuk kedalam Dashboard Blogspot, pastikan sudah login ke google dengan email yang biasa kamu gunakan.
  2. Cari menu Setelan, lalu cari Kelola Blog yang ada di dalam setelan.
  3. Selanjutnya klik Cadangkan Konten.
  4. Akan muncul halaman konfirmasi, selanjutnya klik Download untuk menyimpan.
  5. Selanjutnya arahkan ke folder mana yang sudah kamu sediakan untuk menyimpan file hasil backuapan.
  6. File hasil backupan berupa file dengan format .xml, untuk penamaan file agar mudah mencari saya biasanya seperti ini "namablog-tanggal-bulan-tahun.xml" , tanggal bulan tahun yang digunakan adalah pas saya membackup blog tersebut.
  7. Selesai, Jika masing bingung, silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Mudah Backup Seluruh Artikel Postingan Blogspot - pdn.my.id

Selanjutnya silahkan simpan dengan hati-hati file tersebut, saya pribadi biasanya saya kompres ke zip, bisa menggunakan 7zip atau winrar lalu saya upload ke google drive, agar lebih aman.

Baca JugaCara Terbaru Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran Pada Blogspot

Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan saya kali ini tentang Cara Terbaru Backup Artikel Postingan Blogspot, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar, terimakasih dan sampai jumpa lagi.


Posting Komentar untuk "Cara Terbaru Backup Artikel Postingan Blogspot"