Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install dan Konfigurasi SNMP di Proxmox

 pdn.my.id - Pada kesempatan kali ini saya akan menulis bagaimana cara mengaktifkan snmp di server proxmox, seperti yang sama-sama kita lihat bahwa defaultnya snmp tidak terinstall saat kita menginstall proxmox, artinya kita perlu menginstall SNMP jika itu diperlukan.

Cara Install dan Konfigurasi SNMP di Proxmox
Boleh sama-sama kita periksa, pada saatproxmox berhasil terinstall, ternyata fitur snmp belum ada, bagi saya fitur snmp ini sangat penting karenanya saya bisa memonitoring aktifitas server tersebut dari ruang monitoring yang sudah kami sediakan,maka dari itu saya biasanya menginstall lagi firtu snmp ini, bisa kita cek pada menu NODE - System, disana tidak terlihat snmp, perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Install dan Konfigurasi SNMP di Proxmox
Klik untuk melihat lebih jelas - Proxmox

Tapi sebelum kita ke tahap instalasi, mari-sama sama kita ketahui dulu apa itu SNMP.

Baca Juga2 Cara Menambah Hardisk di Proxmox VE

Apa itu SNMP?

SNMP kependekan dari Simple Network Management Protocol adalah sebuah protokol yang bekerja pada Internet Protokol layer 7 dari lapisan OSI. SNMP digunakan untuk memonitor semua perangkat jaringan. jadi dengan terinstallnya snmp ini, kita bisa memonitoring keadaan dan aktifitas prangkat jaringan kita, baik itu ketika terjadi down ataupun saat prangkat tersebut tidak terkoneksi ke jaringan.

Bagi saya pribadi mengaktifkan snmp di setiap prangkat jaringan itu penting agar saya bisa memonitor seluruh prangkat jaringan yang ada di kantor atau sekolah. Jika kamu sebuah prusahaan yang besar, tentunya memanfaatkan SNMP ini adalah hal yang wajib karena akan mempermudah prosess monitoring seluruh prangkat dengan baik dan jika ada kendala atau masalah, kamu bisa tahu lebih awal.

Cara Install SNMP di Proxmox?

Cara Install SNMP di proxmox sangat mudah, yaitu

  1. Silahkan login ke proxmox lewat console, bisa menggunakan software putty atau pada menu NODE - Shell.
  2. Masukan Perintah : apt-get install snmpd -y
  3. Tunggu sampai proses instalasi selesai

Cara Konfigurasi SNMP di Proxmox?

Setelah kita berhasil menginstall snmp di proxmox, selanjutnya adalah mengkonfigurasi snmp tersebut agar sesuai dengan yang kita inginkan/butuhkan, untuk cara konfigurasi yang bisa saya lakukan adalah seperti ini.

1. Pertama kita backup dulu file konfigurasi snmp dengan cara merename file tersebut, silahkan gunakan perintah dibawah ini :

mv /etc/snmp/snmpd.conf /etc/snmp/asli-snmpd.conf 

2. Setelah kita merename file konfigurasi asli dari snmp tadi, mari kita buat file konfigurasi baru dengan menggunakan perintah ini :

nano /etc/snmp/snmpd.conf

3. Selanjutnya masukan pengaturan dibawah ini, silahkan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

# this create a  SNMPv1/SNMPv2c community named "my_servers"

# and restricts access to LAN adresses 192.168.3.0/16 (last two 0's are ranges)

rocommunity my_servers 192.168.3.0/24

# setup info

syslocation  "Ruang NOC"

syscontact  "[email protected]"

# open up

agentAddress  udp:161

# run as

agentuser  root

# dont log connection from UDP:

dontLogTCPWrappersConnects yes

# fix for disks larger then 2TB

realStorageUnits 0

4. Selanjutnya adalah merestart snmp agar konfigurasi yang tadi sudah kita lakukan bisa langsung digunakan, gunakan perintah di bawah ini :

service snmpd restart

5. Langkah terakhir adalah mengaktifkan fitur snmp secara permanen, aplikasi snmp akan otomatis hidup saat server sudah di restart, jadi tidak perlu mengaktifkan secara manual, yaitu dengan cara menggunakan printah ini :

update-rc.d snmpd enable

6. Selesai, sampai disini kamu sudah bisa berhasil mengaktifkan snmp di proxmox.

7. Untuk mengecek snmp sudah terinstall dengan baik atau belum, maka silahkan gunakan printah dibawah ini :

snmpwalk -c my_server -v1 servername SNMPv2-MIB::sysDescr.0

Biasanya keluar output seperti ini

SNMPv2-MIB::sysDescr.0 = STRING: Linux  ...

Membuka port snmp di firwall UFW dan IPTABLES.

Jika server proxmox kamu terinstall firewall dan firewall tersebut di aktifkan, maka kamu perlu mngizinkan port snmp ini di aksess. Default dari port snmp ini adalah UDP 161. silahkan gunakan perintah di bawah ini :

Ip Tables

iptables -A INPUT -s 192.168.3.0/24 -p udp --dport 161 -j ACCEPT

UFW

sudo ufw allow from 192.168.3.0/24 to any port 161/udp

Catatan Penting

Mungkin bagi sebagian pembaca pada perintah yang saya masukan di atas, mungkin agak sedikit bingung karena saya sering menulis network 192.168.3.0/24, saya menulis network ini karena semua server yang saya monitoring terdapat pada network tersebut, jadi lalu lintas snmp pada network tersebut di perbolehkan, maka dari itu silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Baca JugaTutorial Mengatasi Error apt-get update Pada Proxmox

KESIMPULAN

Kita sudah berhasil menginstall dan mengkonfigurasi SNMP pada server proxmox, semula memang tidak ada aplikasi snmp pada server proxmox kita, karena kita membutuhkan aplikasi tersebut untuk bisa di memonitoring, maka kita perlu menginstall dan mengkonfigurasinya agar sesuai dengan yang kita inginkan. Semoga Bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara Install dan Konfigurasi SNMP di Proxmox"