Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Mengatasi Error apt-get update Pada Proxmox

pdn.my.id - Pada kesempatan kali ini saya akan menulis sebuah tutorial cara mengatasi Error: command 'apt-get update' failed exit code 100 yang selalu muncul di Tasks pada sistem operasi proxmox.

Tutorial Mengatasi Error apt-get update Pada Proxmox - pdn.my.id

Kurang lebih sekitar 6 bulan yang lalu saya memutuskan untuk menggunakan sistem operasi proxmox, sebagaimana yang pernah saya sampaikan pada tulisan-tulisan saya sebelumnya bahwa proxmox adalah sebuah sistem operasi virtualisasi, kalau teman-teman pernah menggunakan virtualbox, nah kurang lebih seperti itulah cara kerjanya.

Baca JugaCara Install dan Konfigurasi SNMP di Proxmox

Selama pemakaian dan sampai saat inipun saya merasa nyaman dan tidak mendapatkan kendala apapun, sebelumnya saya menggunakan vmware versi free, secara kegunaan sih sama cuman saya merasa mudah di proxmox itu karena ada fitur Create CT (Container) dimana untuk menginstall sebuah system linux baik itu ubuntu, centos dll kita hanya perlu mendownload sebuah template yang tersedia di proxmox dan langsung menginstalnya, tentunya ini sangat cepat, paling membutuhkan waktu sekitar 2 menit saja sudah langsung siap digunakan, berbeda dengan ketika kita harus menginstall dari iso nya langsung, lumanan akan menyita banyak waktu, biasanya sekitar 10 - 20 menitan.

Cuman ada beberapa hal yang menurut saya perlu diselesaikan, saya menemukan sebuah error yang dimana error ini sebenarnya tidak mengganggu terhadap performa server dan lain-lain tapi mungkin kerisihan saya dan agak kurang nyaman aja ketika kita login dan melihat error tersebut pada Tasks yaitu Error: command 'apt-get update' failed exit code 100


Kenapa Error: command 'apt-get update' failed exit code 100 ini terjadi ?

Perlu teman-teman ketahui bahwa error tersebut terjadi  karena adanya repository pve-enterprise pada sistem operasi proxmox kita, repository ini sebetulnya untuk digunakan oleh sistem operasi yang pro atau berlangganan/berbayar, sedangkan pve yang kita gunakan adalah versi pve-no-subscription atau gratis sehingga menimbulkan error tersebut.

Sebetulnya tidak perlu panik ataupun resah karena error ini tidak akan mempengaruhi apapun terhadap server kita, cuman saya pribadi selalu merasa risih dan ingin menghilangkannya.

Baca JugaTutorial Upload ISO ke Proxmox VE

Cara menghilangkan Error command 'apt-get update' failed exit code 100

Untuk cara menghilangkanya sebetulnya kita cukup dengan menghapus repository pve-enterprise.list yang ada di /etc/apt/sources.list.d/, untuk lebih lengkapnya silahkan perhatikan tutorial di bawah ini :

  1. Login kedalam server proxmox menggunakan aksess ssh, bisa menggunakan aplikasi putty atau langsung lewat dashboard proxmox pada menu Shell
  2. Tambahkan gpg key pada server proxmox yang kita gunakan
  3. Cara menambahkan gpg key tersebut adalah dengan memasukan perintah ini.
  4. Perintahnya : wget http://download.proxmox.com/debian/proxmox-ve-release-6.x.gpg -O /etc/apt/trusted.gpg.d/proxmox-ve-release-6.x.gpg
  5. Selanjutnya hapus pve-enterprise.list dengan perintah : rm -rf /etc/apt/sources.list.d/pve-enterprise.list
  6. Selesai.

Harusnya setelah teman-teman mengikuti apa yang saya tulis di atas, Error command 'apt-get update' failed exit code 100 tidak akan muncul lagi, silahkan dipraktekan pada server teman-teman, sekali lagi saya tegaskan bahwa error ini tidak berpengaruh pada server sehingga tidak dihilangkan pun tidak masalah. Tapi jika seperti saya selalu merasa terganggu saat membuka dashboard karena melihat pesan error itu, saya sarankan untuk dihilangkan saja.


Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang Tutorial Mengatasi Error apt-get update Pada Proxmox, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat, masih banyak tulisan saya yang membahas tentang proxmox pada blog ini jadi jika ingin mencari tutorial lain silahkan buka beberapa postingan saya sebelumnya, jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskanya pada kolom komentar, Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Tutorial Mengatasi Error apt-get update Pada Proxmox"